fia

Bandung, Indonesia
+62 - 8522...
zulfianizulkarnaini@yahoo.com

Ada apakah di balik puisi "Aku" karya Chairil Anwar?

02/05/2011 07:16

Saya sedang membaca dua buku dalam waktu yang bersamaan, yaitu Tragedi  Nadra dan 9 Summers 10 Autumns. Di dalam kedua buku ini tercantum puisi Chairil Anwar yang berjudul "Aku", padahal buku ini berasal dari negara yang berbeda dan genre yang berbeda. Kakuatan apakan yang dimiliki puisi ini hingga menghipnotis banyak orang?

 

Aku

Kalau sampai waktuku

'Ku mau tak seorang pun merayu

tidak juga kau

Tak perlu sedu sedan itu

 

Aku ini binatang jalang

Dari kumpulannya terbuang

 

Biar peluru menembus kulitku

Aku tetap meradang menerjang

 

Luka dan bisa kubawa  berlari

Berlari

Hingga hilang pedih peri

 

Dan aku akan lebih tidak peduli

Aku mau hidup seribu tahun lagi

 

Jika kita membaca puisi ini memang tersimpan makna yang mendalam di setiap untaian kata-katanya. Kata-kata yang sederhana tapi penuh dengan kekuatan dan keyakinan.

Bahkan ada beberapa pendapat dari para ahli bahasa, yang menyatakan bahwa kesederhanaan bahasa dalam puisi tersebut merupakan kekuatan yang tidak nampak ( https://www.anneahira.com/makna-puisi-aku-chairil-anwar.htm )

Maka tak heran banyak penulis novel ataupun penulis skenario film mencantumkan puisi ini dalam karyanya.

 

HTML Comment Box is loading comments...